Mencatat Sejarah Baru, Magister Manajemen UMY akan Ikuti Program Pembelajaran Kampus Merdeka Belajar

April 16, 2021, oleh: superadmin

Yogyakarta (16/4) – Program studi Magister Manajemen (MM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan mengikuti perkembangan program pembelajaran yang mengarah pada kampus merdeka belajar. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Dr. Arni Surwanti, M.Si selaku kepala program studi Magister Manajemen UMY pada wawancara yang telah berlangsung minggu lalu.

“Sesuai dengan perkembangan program pembelajaran yang mengarah ke kampus merdeka belajar, walaupun di level magister belum ada kewajiban mengarah kesana, tetapi Magister  Manajemen UMY malah merasa itu dibutuhkan” ungkap Dr. Arni Surwanti. Menurutnya, program tersebut tentu akan mendukung dari sisi pengalaman dan kemapanan bagi mahasiswa tersendiri dengan adanya magang, riset serta kujungan – kunjungan.

Dr. Arni Surwanti juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, program studi Magister Manajemen UMY akan melakukan kajian bersama untuk mendesain ulang kurikulum yang ada untuk menanggapi program pembelajaran kampus merdeka belajar “Dalam semester ini akan mendesain ulang dengan mengundang akademisi, praktisi dan alumni untuk memberikan masukan – masukan sehingga bisa kita pakai” ungkapnya.

Adapun Magister Manejemen UMY sendiri saat ini juga sedang melakukan upaya perbaikan – perbaikan untuk menuju Akreditasi Internasional ABET 21 dan berharap menjadi program unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025 nantinya “Sesuai dengan visi, kita ingin menjadi prodi yang berwawasan global dan unggul pada ilmu pengetahuan, kita mulai membuat kajian – kajian internasional. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan mengacu pada visi yang ingin kita capai” jelasnya lebih lanjut.

Ia juga menyampaikan bahwa Magister Manajemen UMY sering melakukan kerjasama dengan beberapa institusi internasional sehingga mahasiswa bisa melakukan kegiatan global, melakukan penelitian kolaborasi dengan perguruan tinggi seperti University New South Wales Australia dan Universitas Teknologi MARA Malaysia. Hal tersebut merupakan upaya yang bertujuan agar program studi Magister Manajemen UMY dapat unggul dan bersaing di tingkat global nantinya.