Kuliah Umum Mahasiswa Baru Program Studi Magister Manajemen UMY

October 8, 2020, oleh: superadmin

Program studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kuliah umum dengan tema “Tantangan Perbankan di Era Pandemi Covid-19”. Kuliah yang diadakan pada hari kamis (8/10) diselenggarakan secara online dan offline. Peserta offline adalah para dosen, sedangkan peserta online adalah mahasiswa baru Magister Manajemen tahun ajaran 2020/2021.

Kegiatan kuliah umum ini sebagai tambahan informasi kepada mahasiswa mengenai isu-isu atau fenomena yang sedang terjadi saat ini, diintegrasikan dengan materi pembelajaran yang dipelajari di perkuliahan. Acara dibuka oleh Ibu Dr. Arni Surwanti, SE., M.Si selaku Ketua Prodi Magister Manajemen UMY dan dimoderatori oleh Bapak Dr. Nuryakin, SE., MM selaku Sekretaris Prodi Magister Manajemen UMY.

Ibu Prof. Rofikoh Rokhim, SE., SIP., DEA., Ph.D selaku Komisaris Independen Bank BRI sekaligus sebagai pembicara dalam kuliah umum ini menyampaikan bahwa sektor industri perbankan juga terpengaruh oleh pandemi covid-19. Untuk mencegah krisis ekonomi dan keuangan dibutuhkan tambahan belanja dan pembiayaan APBN 2020 karena beberapa negara telah memasuki masa resesi. Sektor jasa keuangan termasuk salah satu yang terdampak, namun masih dalam level moderat dan diperkirakan akan pulih dalam waktu 1-2 tahun ke depan. Beliau juga menambahkan dalam sektor UMKM sebagai segmen kredit yang paling terdampak di masa peandemi. Terdapat massive restructuring, unprecedented moment, never happen before, Loan Restructed, LaR yang meningkat, dan loan growth yang rendah.

Tercatat sejumlah 68 mahasiswa hadir dalam kuliah online ini dan terlihat seluruh mahasiswa antusias mendengarkan. Kegiatan pada sesi offline ini tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menyiapkan hand sanitizer. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini dapat menambah wawasan dan semakin meningkatkan pola pikir civitas akademika magister manajemen UMY.