Bagaimana Cara Efektif Meningkatkan Pemasaran UKM Batik di Indonesia ? Yuk Simak Kunci Suksesnya

February 6, 2021, oleh: superadmin

Dr. Nuryakin, S.E., M.M., dosen sekaligus sekretaris program studi program Magister Manajemen (MM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyatakan bahwa kemampuan pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pendapat ini disampaikannya dalam menyikapi kurangnya literatur dan model konseptual tentang pengaruh kapabilitas pemasaran terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran, hubungan antara orientasi pasar pada inovasi produk dan kinerja pemasaran serta memberikan bukti empiris tentang pentingnya keunggulan bersaing dan produk.

“Untuk melakukan pemasaran produk maka harus memperhatikan keunggulan kompetitif  karena sangat berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan inovasi produk yang menentukan bagaimana hasil terhadap kinerja pemasaran,” ucap Nuryakin saat ditemui di gedung Pascasarjana UMY Sabtu (06/02/2021).

Nuryakin juga menambahkan bahwa penelitian yang dilakukannya guna mendapatkan Kunci Sukses Pemasaran UKM Batik di Indonesia didapatkan dari hasil survey terhadap UKM Batik di Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Academy of Strategic Management Journal Volume 17, Issue 2, 2018 yang dapat diakses di

https://search.proquest.com/openview/445a4d22203aa5a7efbbd99f9e328556/1?cbl=38745&pq-origsite=gscholar