Konsultan senior BMW Germany yang telah beberapa kali memegang iphone 5s reconditionné posisi strategis di sejumlah perusahaan multinasional hadir di MM UMY. Ferizal Ramli adalah sosok professional yang memiliki reputasi kuat di sejumlah perusahaan MNC di Eropa. Sosok muda berusia 42 tahun alumni Universitas Gadjah Mada yang memimpin manajer-manajer lulusan sejumlah universitas terkemuka seperti University New South Wales, NUS dan pastinya sejumlah lulusan dari Jerman.

Ferizal Ramli menawarkan sejumlah tips luar biasa agar eksis dalam bisnis global di antaranya percaya diri, kompetensi dan penguasaan bahasa. Ferizal berargumen dengan sangat yakin bahwa seleksi masuk Harvard Business School tidak seberat masuk perguruan tinggi elit di Indonesia sekelas UGM dan ITB. Bahkan satu orang lulusan terbaik Jerman akan kalah kompeten apabila dihadapkan satu orang lulusan terbaik dari Indonesia. Namun keadaan menjadi berbalik saat 100 orang Jerman berhadapan dengan 100 orang Indonesia maka Jerman pasti lebih unggul ungkapnya. Ini bermakna bahwa secara individual, orang Indonesia cukup kompeten tetapi kemampuan bersinergi masih menjadi persoalan besar.


Dalam kuliah praktisi ini, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono yang juga ketua program MM UMY menjelaskan pentingnya sebuah blue print menjadi pribadi sukses. Mereka yang sudah memiliki blue print sukses secara otomatis bergerak secara produktif menuju capaian mereka. Pribadi sukses harus dimulai dari mentalitas sukses. Mentalitas ini merupakan kekuatan bawah sadar yang menentukan mereka termasuk kelompok elit orang sukses atau orang yang biasa-biasa saja. Prof. Heru menambahkan bahwa sosok Ferizal Ramli, Konsultan senior BMW telah mengajarkan pada kita bahwa kita harus menjadi anak bangsa yang percaya diri sekaligus percaya diri untuk membangun jejaring sebagai modal sosial. Kuliah praktisi ini dilangsungkan pada tanggal 6 Juli 2013, dihadiri 40 mahasiswa MM UMY dan beberapa dosen MM UMY di ruang sidang AR Fachruddin A.