Mempererat Silaturahmi Civitas Akademika MM UMY dengan Pengajian Syawalan

June 20, 2020, oleh: superadmin

Yogyakarta – Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM UMY) mengadakan pengajian syawalan dengan tema mempererat silaturahmi antar civitas akademika. Pengajian yang diadakan pada hari  sabtu (20/6) di Ruang 310 lantai 3 gedung pascasarjana. Dalam kesempatan ini MM UMY mengundang Prof. Siswanto Masruri, MA., menjadi pembicara. Beliau pernah manjadi Direktur Pascasarjana UMY pada tahun 2000-an dan Saat ini menjabat sebagai Ketua Senat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam pengajian ini  Prof Siswanto mengajak untuk selalu memaafkan atas segala salah sikap dan kata. Selain saling memaafkan seyogyanya harus saling mendo’a kan. Prof menggunakan pendekatan ketuhanan dan kemanusiaan dalam menjelaskan makna ayat dalam Al-Quran. Tiga point penting dalam surat AL-Baqarah 183 yaitu  Iman, puasa, taqwa. Iman sebagai dasarnya, puasa sebagai prosesnya, taqwa sebagai hasilnya. Realitas yang ada sat ini, romantisme, umat yang bercita-cita.

Puasa sebagai proses menuju taqwa. Bulan suci adalah bagaimana kita berusaha sebaik mungkin agar diri kita suci. Muttaqin yaitu orang yang mau menginfakkan hartanya baik saat cukup maupun lapang, yg dapat menahan amarah , dan yang mau memaafkan.

Menyinggung soal COVID-19, Prof mengajak untuk menyesuaikan diri / merubah pola hidup yang terstruktur dalam bekerja maupun belajar. Karena orang yang mampu menyesuaikan diri, dinamis, dan berkembang merupakan bekal untuk menjadi orang yang lebih baik. Selain virus tersebut, kita juga harus menghindari virus-virus penyakit hati seperti: malas, apatis, mudah marah, mudah terperdaya, kurang sabar, prasangka iri, dan dengki.

Kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menyediakan hand sanitizer. Diharapkan dengan adanya pengajian syawalan ini dapat memperkuat iman, menambah ilmu dan silaturahmi antar civitas akademika magister manajemen UMY.