Kemahasiswaan

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan semester 1 (satu), dapat memilih fokus konsentrasi perkuliahan. Konsentrasi yang ditawarkan program MM UMY yaitu:

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia,
  2. Manajemen Pemasaran,
  3. Manajemen Keuangan,
  4. Manajemen Operasi.

Mahasiswa dapat memilih satu konsentrasi pada link berikut : Pilihan Konsentrasi Mahasiswa

IMMAMEN UMY adalah organisasi kemahasiswaan Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. IMMAMEN menjadi wadah bagi para mahasiswa MM untuk berorganisasi, berkarya, dan berkreasi dalam sejumlah kegiatan di luar perkuliahan yang relevan serta mampu menunjang pengalaman dan kebutuhan akademik para mahasiswa.

Setiap periode kepengurusan, IMMAMEN akan mengadakan sejumlah kegiatan di antaranya diskusi ilmiah, seminar, pelatihan atau workshop, diskusi, bedah buku, serta konferensi internasional. Berdasarkan SK Nomor : 109/SK.PPS.-UMY/MM/XII/2019 Berikut kepengurusan IMMAMEN periode 2019-2021 :

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan Tesis dan memerlukan surat izin penelitian, berikut link untuk mendownload surat izin tersebut. surat izin diisi oleh mahasiswa, kemudian dikirim ke prodi melalui whatsapp 0811-267-764 atau email: mm@umy.ac.id untuk diberi nomor surat dan disahkan kaprodi. selanjutnya prodi akan mengirim balik surat izin penelitian kepada mahasiswa.

Berikut buku panduan tesis yang dapat dijadikan acuan mahasiswa, Download Buku Panduan Tesis

A. Persyaratan Seminar Proposal

  1. Proposal telah di ACC Dosen Pembimbing
  2. Melampirkan bukti mengikuti seminar proposal/hasil minimal 2X
  3. Melampirkan hasil cek Turnitin
  4. Proposal dicopy 2X
  5. Melampirkan FC bukti Lunas pembayaran SPP
  6. Menyiapkan slide powerpoint (7-10 slide)
  7. Presentasi dan diskusi menggunakan Bahasa Inggris
  8. Berpakaian rapi dan sopan (pria memakai dasi, wanita memakai baju resmi)

B. Persyaratan Seminar Hasil

  1. Tesis telah di ACC Dosen Pembimbing 1 dan 2
  2. Melampirkan bukti mengikuti seminar proposal/hasil minimal 2X
  3. Melampirkan hasil cek Turnitin
  4. Draf Tesis dicopy 2X
  5. Melampirkan FC bukti Lunas pembayaran SPP
  6. Menyiapkan slide powerpoint (7-10 slide)
  7. Presentasi dan diskusi menggunakan Bahasa Inggris
  8. Berpakaian rapi dan sopan (pria memakai dasi, wanita memakai baju resmi)
  9. Melampirkan bukti telah mengikuti Conference baik Nasional/Internasional, publikasi di jurnal ber ISSN, jurnal terakreditasi, dan jurnal internasional minimal 1X
  10. Melampirkan Manuskrip/Artikel dari tesis dengan template JBTI/jurnal terakreditasi lainnya yang ber ISSN/jurnal Internasional

C. Persyaratan Ujian Tesis

  1. Tesis telah di ACC Dosen Pembimbing 1 dan 2
  2. Melampirkan Hasil Cek Turnitin
  3. Melampirkan Kartu Bimbingan Tesis
  4. Draf Tesis dicopy 3X
  5. Melampirkan Fotocopi bukti lunas pembayaran SPP Semester IV
  6. Melampirkan Sertifikat TOEFL Skor 500
  7. Menyiapkan slide powerpoint (7-10 slide)
  8. Berpakaian rapi dan sopan (pria memakai dasi, wanita memakai baju resmi)
  9. Presentasi dan diskusi menggunakan Bahasa Inggris
  10. Melampirkan bukti Manuskrip/Artikel telah submit pada salah satu conference Nasional/internasional, jurnal ber ISSN, jurnal terakreditasi, jurnal internasional

 

Selama pandemi COVID19:

  1. File Tesis dikirim dalam bentuk Word dan Pdf Fulltext dari halaman cover - lampiran (tidak dipisah)
  2. Tesis yang telah disetujui pembimbing dibuktikan dengan screenshoot komunikasi dengan pembimbing
  3. Ujian seminar proposal/hasil/thesis dilakukan secara On-Line

A. Cetak Thesis

  1. Ukuran kertas B5.
  2. Margin Atas 4 cm, Kiri 4 cm, Kanan 3 cm, Bawah 3 cm.
  3. Ukuran huruf untuk Bab/Sub Bab/Isi menggunakan 12 pt.
  4. Ukuran huruf untuk daftar tabel/isi tabel menggunakan 11 pt.
  5. Jarak antar baris dibuat 2 spasi, sedangkan intisari, kutipan langsung, judul tabel, judul gambar, dan daftar pustaka dibuat 1 spasi.
  6. Penomoran halaman awal menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst) dengan posisi di tengah kertas bagian bawah.
  7. Penomoran bagian judul BAB ditulis di tengah bagian bawah.
  8. Penomoran bagian utama s.d. akhir tesis menggunakan angka arab (1, 2, 3, 4, dst) di pojok kanan-kiri atas (dibuat bolak balik).
  9. Sampul thesis menggunakan soft cover berwarna coklat lapisan glossy, dengan tulisan warna emas.
  10. Pembatas tiap BAB menggunakan kertas B5 warna merah muda dengan logo UMY warna emas.

 

B. File CD Thesis

  • File berbentuk word dan pdf
  • File ukuran A4 dengan Margin Atas 4 cm, Kiri 4 cm, Kanan 3 cm, Bawah 3 cm.
  • File dipisah tiap bagian sebagai berikut:
  1. Sampul (cover) depan
  2. Halaman judul yang terdiri dari : Cover, pernyataan, motto, persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.
  3. Halaman persetujuan dan pengesahan (sudah di ttd penguji, pembimbing & disahkan kaprodi)
  4. Abstrak dan/atau intisari
  5. BAB I
  6. BAB II
  7. BAB III
  8. BAB IV
  9. BAB V
  10. Daftar pustaka
  11. Lampiran
  12. Naskah publikasi (jurnal)

* File Tesis dan CD dicetak sebanyak 2 buah untuk diserahkan ke Prodi dan Perpustakaan Pascasarjana.
* Apabila masih terdapat kesulitan dalam hal ketentuan cetak Tesis, dapat langsung menuju Prodi atau Perpustakaan Pascasarjana dengan melihat tesis jadi, sedangkan untuk CD Thesis dapat dilihat contohnya di Repository

A. Syarat Yudisium

Yudisium dilaksanakan sebelum dilakukan wisuda. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan untuk mengikuti yudisium apabila :

  1. Telah mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi (Terindeks Sinta). Dengan menyerahkan LOA dari jurnal rujukan dan Link Publikasi (Website Jurnal, URL Makalah).
  2. Keterangan bebas/ lunas SPP
  3. Keterangan bebas peminjaman dari perpustakaan UMY
  4. Telah menyerahkan softcopy Tesis + CD Tesis ke perpustakaan Pascasarjana UMY
  5. Menyerahkan file scan KTP, Akte Kelahiran dan Ijazah Pendidikan Terakhir
  6. Melakukan pembayaran Yudisium ke Sekretariat Pascasarjana UMY

Formulir permohonan yudisium dapat didownload Disini >>

B. Syarat Wisuda

Berikut persyaratan wisuda bagi mahasiswa/i yang telah menyelesaikan ujian tesis

  1. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Fotocopy Kartu tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotocopy Ijazah S1 Legalisir
  4. Fotokopi Akta Kelahiran
  5. Surat Keterangan Bebas Pustaka DIY
  6. Surat Keterangan Bebas Pustaka UMY
  7. Mengisi Form Pendaftaran Wisuda di krs.umy.ac.id dan dicetak
  8. Pas Foto Hitam Putih (Kertas Doff standar foto studio) Ukuran 4×6 = 6 Lembar dan Ukuran 2×3 = 2 Lembar
  9. Sertifikat pendamping Ijazah (Seminar/Certified/Sertifikasi Keahlian) Nasional/Internasional, sejumlah 3 Sertifikat
  10. Softcopy Tesis dan Jurnal dalam bentuk Word dan PDF dengan format terpisah tiap bab, dicopy dalam CD
  11. Bukti Publikasi (Surat diterima jurnal/LOA Jurnal)
  12. Semua berkas dimasukkan dalam stofmap warna hijau