Di Era Pandemi, Magister Manajemen Tetap Mengadakan Kuliah Dosen Tamu

March 29, 2021, oleh: superadmin

Yogyakarta (29/03) – Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Kuliah Dosen Tamu yang bertajuk “Pengembangan Topik Riset Keuangan dan Peningkatan Kesempatan Publikasi” pada Jumat (26/03) kemarin. Kuliah ini diselenggarakan dengan tujuan optimalisasi penulisan paper agar cepat terpublikasi bagi mahasiswa Magister Manajemen UMY.

Irwan Tri Nugroho, Ph.D selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyampaikan beberapa kiat menulis paper agar segera terpublikasi di media jurnal. Beberapa fakta membuktikan bahwa ratusan paper tiap tahunnya dikirimkan namun hanya beberapa yang dapat terpublikasi di media jurnal karena tertolak dan tidak memenuhi kriteria publikasi.

Irwan yang juga berpengalaman sebagai seorang reviewer paper atau jurnal, menjelaskan bahwa penyebab ditolaknya sebuah jurnal diantaranya karena bahasa inggris yang buruk, tidak memahami metodologi penelitian dengan baik, susbtansi yang terkandung dalam paper, kurangnya membaca dan tidak adanya kontribusi (solusi) dalam penelitian.

“Bergantung pada berapa banyak yang membaca dan mensitasi, sehingga editor itu bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa paper itu akan dibaca orang, didownload dan disitasi orang. Kalau itu hanya replikasi tidak ada kontribusi sudah sangat mature tidak ada satu yang unik disitu ya buat apa diterima papernya” tandasnya dalam kuliah tamu. Biasanya masalah yang sering ditemui adalah kurangnya data sample yang digunakan oleh penulis, kemudian kesalahan dalam melakukan empiris dan masalah endogeneity yang dibiarkan begitu saja oleh penulis.

Lebih lanjut, Irwan juga menyampaikan bahwa paper yang bagus adalah itu terdapat nilai kontribusi didalamnya, tidak hanya mereplikasi dari data yang didapat. Selain itu pemahaman akan metodologi dan penulisan yang baik akan menghasilkan cerita yang menarik, maka dibutuhkan juga dataset yang unik. Melalui kuliah tamu ini diharapkan agar mahasiswa Magister Manajemen UMY lebih lihai dalam memngulas topik penulisan dengan lebih baik dan banyak dijadikan rujukan banyak orang nantinya.

Selengkapnya mengenai Kuliah Umum dengan topik “Pengembangan Topik Riset Keuangan dan Peningkatan Kesempatan Publikasi” bisa di akses di Official Youtube Magister Manajemen UMY.