Alhamdulillah Program Studi Magister Manajemen UMY Berhasil Meraih Akreditasi “A”

November 25, 2020, oleh: superadmin

Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM UMY) telah di reakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan berhasil mendapatkan Akreditasi “A” di tahun 2020. Reakreditasi dilaksanakan pada hari rabu dan kamis (11-12/11) secara daring. Keputusan tersebut berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) BAN-PT No.7662/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2020. SK tersebut berlaku mulai 24 November 2020 sampai dengan 24 November 2025. Program studi Magister Manajemen UMY mendapat skor 367 oleh Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, sehingga layak mendapatkan “A”. Nilai tersebut merupakan sebuah prestasi karena di tahun sebelumnya terakreditasi “B”.

Komponen yang dinilai dalam akreditasi ini yaitu borang akreditasi prodi (IIIA), borang akreditasi fakultas (IIIB), dan Evaluasi diri Prodi. Terdapat 7 Standar yang dipertimbangkan yaitu (1) visi, misi, tujuan, dan sosialisasi; (2) sistem tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu, umpan balik, dan keberlanjutan; (3) sistem rekrutmen mahasiswa, profil mahasiswa dan lulusan, himpunan alumni; (4) sistem rekrutmen, pembinaan, dan pembinaan, monitoring dan evaluasi, dosen tetap dan tidak tetap, upaya peningkatan SDM, dan tenaga kependidikan; (5) kurikulum, persyaratan mengikuti pendidikan magister manajemen, penelitian tesis, upaya peningkatan suasana akademik; (6) pengelolaan dana, sarana dan prasarana, dan sistem informasi; (7) penelitian dosen tetap, kegiatan pengabdian masyarakat, dan kerjasama dengan instansi.

Dr. Arni Surwanti, M.Si selaku Ketua prodi Magister Manajemen UMY dan Dr. Nuryakin, MM selaku sekretaris prodi Magister manajemen UMY menyampaikan terimakasih atas Do’a dan dukungan dari seluruh pihak yang sudah membantu kelancaran reakreditasi Magister Manajemen UMY. Setelah mendapatkan akreditasi A, prodi MM UMY berkomitmen untuk lebih meningkatkan kualitas akademik maupun pelayanan administrasi secara berkesinambungan. Prodi MM UMY memiliki target di tahun 2025 yaitu menjadi program studi Magister Manajemen berwawasan global yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, berlandaskan nilai-nilai Islam di Asia Tenggara.