Pentingnya ZOTERO dalam Karya Tulis

July 29, 2019, oleh: superadmin-mip

Yogyakarta – Pada hari Sabtu, 27 juli 2019 prodi magister manajemen mengadakan pelatihan Zotero yang diikuti oleh mahasiswa semester 3 & 4 di Gedung Pascasarjana lantai 3 .Dimana dalam acara ini kami mengundang ibu Novy Diana Fauzie. S.S. MA selaku staff perpustakaan Universitas muhammadiayah yogyakarta menjadi narasumber pelatihan tentang aplikasi zotero. Zotero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis yang memudahkan penulis untuk mengelola sumber‐sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan.


Zotero dikembangkan oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media dan dirancang untuk tujuan non komersial dan berbasis pada platform open source. Oleh karena itu, Zotero dapat diperoleh dan digunakan secara gratis. Zotero memiliki kemampuan untuk mendeteksi konten‐konten yang tersedia di dalam laman sebuah web dan menyimpannya ke dalam komputer sebagai perpustakaan (digital) pribadi hanya dengan satu kali klik.
Zotero mengumpulkan seluruh karya hasil penelitian yang dimiliki dalam sebuah interface yang mudah digunakan. Pengguna dapat menambahkan file PDF, gambar, audio, video dan snapshot dari halaman web ke dalam Zotero. Zotero secara otomatis akan mengindeks konten teks lengkap dari koleksi yang dimiliki atau ditambahkan ke dalam aplikasi. Zotero juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menemukan apa yang dicari hanya dengan beberapa penekanan tombol.
Program Zotero ini sangat membantu sekali para pustakawan dalam menulis karya tulis ilmiah karena hanya dengan sekali klik saja, maka sumber referensi yang dipakai dalam karya tulis ilmiah secara otomatis akan muncul di bagian foot note