Prestasi terbaru didapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). UMY berhasil meraih bintang 5 (Lima) untuk akreditasi internasional pada bidang Facilities (Fasilitas), Social Responbilities (Tanggungjawab Sosial), dan Inclusiveness (Inklusivitas). Bintang 5 ini berhasil diraih oleh UMY berdasarkan hasil Audit Eksternal QS (Quacquarelli Symond), sebuah lembaga akreditasi internasional terkemuka pada bidang pendidikan tinggi yang berkantor di London. Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada Kamis, 17 Desember 2015.

Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua tim audit QS UMY, Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., proses UMY untuk mendapatkan bintang 5 akreditasi internasional QS tersebut berlangsung selama tiga tahun dan baru satu tahun yang lalu hasil audit internal yang dilakukan UMY diajukan kepada QS. “Dan setelah dilakukan audit eksternal oleh QS, 17 Desember kemarin sudah keluar hasil akhirnya. Dengan hasil audit dari QS tersebut menunjukkan bahwa UMY saat ini sudah terakreditasi internasional dan diakui dalam universitas rangking global di dunia,” ujarnya.

Nurmandi juga menjelaskan, 5 bintang yang berhasil diraih UMY pada bidang Facilities, Social Responsibilities, dan Inclusiveness termasuk dalam kategori penilaian dari Learning Environment dan Advance Criteria. Bintang 5 yang diberikan QS pada bidang fasilitas tersebut menandakan bahwa UMY telah diakui oleh lembaga akreditasi internasional sebagai perguruan tinggi yang memiliki fasilitas lengkap setara 5, yang terdiri dari fasilitas olah raga, asrama mahasiswa, infrastruktur TI (Teknologi Informasi), perpustakaan, kesehatan dan unit kegiatan mahasiswa. Berbagai fasilitas tersebut mampu memberikan lingkungan belajar yang sangat nyaman dan kepuasaan pada mahasiswa saat mereka belajar di UMY.

“Kemudian bintang 5 untuk Tanggungjawab Sosial (social responbilities) menandakan bahwa UMY dinilai oleh QS telah terbukti berperan dalam pengembangan masyarakat dan ekonomi secara regional, bahkan nasional. Bentuk kegiatan yang telah dilakukan UMY dalam hal ini mencakup pengembangan sumber daya manusia dan masyarakat, kepedulian sosial, dan bantuan bencana. Prestasi ini juga merupakan bukti bahwa UMY telah merealisasikan nilai-nilai Persyarikatan Muhammadiyah yang sejak dulu telah diperjuangkan terkait kepedulian sosial. Dan bintang 5 untuk Inklusivitas menunjukkan bahwa UMY telah menjadi sebuah universitas berkelas dunia yang tidak eksklusif atas golongan tertentu, tetapi terbuka terhadap semua strata sosial dan ekonomi. Prestasi ini dicapai melalui indikator ketersediaan beasiswa, akses untuk orang cacat, keseimbangan gender dan mahasiswa dari keluarga miskin,” jelas Nurmandi.

Selain itu, UMY juga mendapatkan bintang pada kategori penilaian Core Criteria, yakni 4 bintang untuk bidang Teaching (Pengajaran) dan bintang 3 untuk bidang Employability (Daya serap Lulusan). Untuk bintang 4 yang diraih UMY pada bidang Pengajaran (Teaching) menurut Dr. Slamet Riyadi, selaku Sekretaris tim audit QS UMY, menunjukkan bahwa UMY telah dinilai bagus dalam hal pengajaran yang merupakan kegiatan utama pendidikan tinggi. Penilaian pada kategori ini mencakup ketersediaan pengajar bergelar doktor, tingkat kepuasaan mahasiswa dalam pengajaran dan keseluruhan layanan kampus. “Dan 3 bintang untuk Daya serap Lulusan, menunjukkan dengan pengajaran yang baik, UMY juga telah dinilai mampu mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang siap kerja. Hal ini dibuktikan dengan data yang kami miliki menunjukkan bahwa sebesar 84,3 persen lulusan UMY telah diserap oleh lapangan kerja dalam kurun waktu tidak lebih dari 12 bulan. UMY juga menyediakan staf khusus pengembangan karir dan aktif mendatangkan perusahaan untuk melakukan rekrutmen di kampus. Selain itu, alumni UMY juga siap bekerja secara efektif dalam tim multi kultur, serta mampu mengelola pekerjaan dan sumber daya manusia,” papar Slamet.

Slamet kembali menambahkan, pada dasarnya QS tersebut memiliki dua peniliaian, yakni QS Ranking dan QS Star. UMY pada tahun ini sudah berhasil mendapatkan penghargaan atas kriteria-kriteria tersebut pada penilaian QS Star. Dari penilaian QS Star tersebut menunjukkan bahwa UMY sudah menjadi perguruan tinggi terakreditasi internasional. “Dengan prestasi ini juga menunjukkan bahwa UMY sudah diakui dan dikenal oleh dunia internasional,” imbuhnya.