Dr. Nuryakin., MM Latih Medsos untuk Promosi Sekolah Muhammadiyah se-Colomadu

July 25, 2022, oleh: superadmin-mip

Perkembangan teknologi informasi mengalami pertumbuhan yang cepat, termasuk di dalamnya pemanfaatan media sosial. Media sosial memang sudah dimanfaatkan hampir setiap sektor kehidupan, termasuk bagi Sekolah. Perkembangan media social yang semakin pesat menuntut para stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan sekolah untuk mampu beradaptasi dan dengan perkembangan arus informasi teknologi, termasuk Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang ada di wilayah Kecamatan Colomadu Karanganyar Jawa Tengah. Media social menjadi sarana yang dapat digunakan dalam kegiatan promosi sekolah dalam menarik calon siswa potensial mereka.

Beberapa bentuk media sosial yang saat ini biasa di gunakan dalam media promosi di sekolah diantaranya adalah jejaring sosial dengan facebook, instagram, canva, twitter, atau yang lainnya. Begitu juga yang dilakukan pada sekolah-sekolah AUM di wilayah Kecamatan Colomadu. Salah satu bentuk kegiatan dalam memahami media social adalah pada kegiatan pelatihan pemanfaatan media social yang dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat dalam skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen program studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Hadir sebagai pembicara dalam Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut yaitu Dr. Nuryakin., MM selaku Dosen dari Program studi Magister Manajemen UMY. Materi  yang disampaikan tentang pentingnya promosi dengan menggunakan media sosial, seperti facebook dan instagram yang saat ini telah banyak dilakukan oleh banyak sekolah dalam mempromosikan program sekolah yang ada. Dr. Nuryakin., MM menyampaikan satu materi tentang pemanfaatan instagram melalui dua teknik berjualan, yaitu hard selling dan soft selling,  Teknik hard selling merupakan upaya mengkomunikasikan promosi melalui instagram dengan menunjukkan citra yang baik sehingga dapat dengan mudah dapat diakses oleh calon pemilih sekolah tersebut. Pendekatan tersebut mengkomunikasikan secara langsung (to the point). Sedangkan teknik softselling, artinya promosi yang dilakukan tidak secara langsung mempromosikan produk secara langsung,  melainkan dengan menawarkan sesuatu yang lain terlebih dahulu, baru setelah itu kita menjual dengan halus. Kita bisa membuat berbagai konten posting yang beragam seperti tips, quote, quiz, atau infomasi VIDEO menarik.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut juga menghadirkan pembicara lain, yaitu Sri Hartono., S.Pd Wartawan Senior dari CNN Indonesia dan praktisi medsos. Dalam pengalamannya Sri Hartono  mengajak kepada para peserta untuk belajar menggunakan media Canva untuk melakukan editing video dan tulisan di media social dan langsung dapat dishare. Hadir sekitar 22 peserta dalam kegiatan tersebut yaitu para dari TK Aisyah di Wilayah Colomadu, SD Muhammadiyah di Wilayah Colomadu dan SMP Muhammadiyah di Wilayah Colomadu. Kegiatan tersebut memberikan memiliki motivasi bagi para guru dan admin medsos sekolah tersebut untuk belajar pembuatan kedua akun tersebut.

Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 7 Colomadu yaitu Arum Dyah Ripdianti., M.Pd menyampaikan pentingnya bagi sekolah AUM di wilayah Kecamatan Colomadu untuk belajar aplikasi medsos untuk promosi sekolah, terutama menggunakan instagram untuk meningkatkan citra sekolah. Penting bagi sekolah-sekolah tersebut dalam mengenal penggunaan media sosial, dan melakukan saling kolaborasi dengan sekolah lain dalam proses pembuatan brosur sekolah secara online, sehingga dapat mendukung promosi sekolah mereka di era teknologi informasi. Kegiatan pengabdian tersebut juga sebagai upaya menjalin keberlanjutan program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan stakeholders yang dalam hal ini Amal Usaha Muhammadiyah. Koordinator kegiatan tersebut yang juga sekaligus kepala sekolah SMP Muhammadiyah 7 Colomadu berharap kegiatan tersebut mampu memberikan pemahaman kepada para pengelola sekolah dalam meningkatkan promosi sekolah mereka melalui media online. Sabtu (23/07) bertempat di SMP Muhammadiyah 7 Colomadu Karanganyar.