Pimpinan

Nama  Dr. Arni Surwanti, M.Si
Jabatan Akademik  Lektor
NIDN  0509126401
Surel  arni.umy@gmail.com
Bidang Keahlian Manajemen Keuangan

 

Riwayat Pendidikan
No Nama Perguruan Tinggi Program Pendidikan Bidang Ilmu
1  Manajemen, UGM Sarjana  Manajemen
2 Sekolah Pascasarjana, UGM Magister  Manajemen
3 Sekolah Pascasarjana, UGM Doktor  Manajemen

 

 Mata Ajar yang Diampu
No Nama Mata Ajar
1 Manajemen Keuangan
2 Manajemen Keuangan Internasional
3 Akuntansi Pengantar
4 Seminar Keuangan
5 Metodologi Penelitian

 

Ketua Program Studi mempunyai tugas mengkoordinasikan dan memberikan instruksi, mengarahkan dan mengawasi dalam melaksanakan seluruh bidang kegiatan baik internal maupun eksternal. Selain itu, ketua bertugas membuat perencanaan akademik yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia, perencanaan pemasaran strategis dalam upaya mencari mahasiswa dan membangun citra program studi dengan membangun jejaring dengan lembaga-lembaga internal dan eksternal dan menyusun keunggulan lulusan melalui kurikulum yang berbasis kompetensi dengan menekankan aspek inovasi yang berbasis nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan yang universal.

 

Wewenang

1 Menentukan prioritas pekerjaan
2 Memberi nilai kinerja bawahan
3 Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
4 Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan

Tanggungjawab

1 Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
2 Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan kemahasiswaan.
3 Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor.
4 Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas.

Uraian Jabatan

1 Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan jurusan-program studi yang meliputi pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
2 Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran kegiatan program studi yang meliputi pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
3 Merencanakan kegiatan dalam pelaksanaan kerjasama/ MoU/perjanjian kerjasama antara jurusan-program studi dengan perguruan tinggi lain, instansi-instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka pengembangan bidang akademik yang meliputi pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, layanan kemahasiswaan dan promosi serta penjaminan mutu.
4 Merencanakan kompetensi dan karir dosen program studi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
5 Membina kegiatan ekstra-kurikuler, pengabdian, organisasi mahasiswa dan pengembangan diri mahasiswa di tingkat program studi.
6 Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders.
7 Menyusun rencana operasional (Renop) tahunan program studi.
8 Mengimplementasikan sistem informasi  Ilmu Pemerintahan   bidang akademik.
9 Memantau dan melakukan evaluasi kegiatan program studi di bidang akademik meliputi pendidikan, pemberdayaan masyarakat, layanan kemahasiswaan, dan promosi.
10 Melaksanakan koordinasi dengan pengelola, staf program studi dalam rangka pengembangan bidang akademik, layanan kemahasiswaan, dan promosi.
11 Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy atau softcopy.
12 Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan.
13 Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya ketua program studi yang baru

 

Pengalaman Kerja
No Institusi Jabatan Tahun
1 Magister Manajemen Kepala 2004 - 2008
Nama  Dr. Nuryakin, MM
Jabatan Akademik  Asisten Ahli
NIDN  0606067901
Surel  nuryakin@umy.ac.id
Bidang Keahlian Manajemen Pemasaran

 

Riwayat Pendidikan
No Nama Perguruan Tinggi Program Pendidikan Bidang Ilmu
1  UMS Sarjana Manajemen
2 UNS Magister Manajemen Pemasaran
3 UNDIP Doktor Manajemen Pemasaran

 

 Mata Ajar yang Diampu
No Nama Mata Ajar
1 Manajemen Keuangan
2 Manajemen Keuangan Internasional
3 Akuntansi Pengantar
4 Seminar Keuangan
5 Metodologi Penelitian

 Sekretaris program studi bertugas mensupport dan berkoordinasi dengan ketua program studi dalam melakukan pengarahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan seluruh bidang kegiatan administrasi umum dan keuangan, administrasi akademik, dan kemahasiswaan termasuk di dalamnya kegiatan perkuliahan, dan membina kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

 

Wewenang

1 Menentukan prioritas pekerjaan
2 Memberi nilai kinerja bawahan
3 Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
4 Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan

Tanggungjawab

1 Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
2 Kebenaran dan elengkapan materi tentang sumber daya.
3 Kelancaran, kebenaran, dan ketepatan pelaksanaan tugas.
4 Pendayagunaan sarana dan prasarana kantor.
5 Kebenaran dan kelengkapan laporan.
6 Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan.

Uraian Jabatan

1 Menyusun kegiatan dan rencana anggaran kegiatan program studi yang meliputi pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi.
2 Merencanakan kompetensi staf non akademik ditingkat program studi.
3 Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan
4 Menyusun rencana operasional (Renop) tahunan program studi di bidang sumberdaya.
5 Memantau dan mengevaluasi bidang sumberdaya yang meliputi sarana prasarana, keuangan, tata kelola dan sumberdaya manusia tenaga pendukung di tingkat jurusan-program studi.
6 Melaksanakan koordinasi dengan pengurus, staf program studi dalam rangka pengembangan sumberdaya.
7 Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan atau
8 Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan.
9 Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya sekretaris program studi  yang baru.

 

Pengalaman Kerja
No Instansi Jabatan Tahun
1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Asisten Dosen 2001 - 2003
2 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta Dosen Tidak Tetap 2003 – 2006
3 Sekolah Bisnis Ritel Indonesia (SBRI) Surakarta Tenaga Pengajar 2005 - 2007
4 Manajer Akademik Pada Sekolah Bisnis Ritel Indonesia (SBRI) Surakarta Manajemen Bidang Akademik 2007 – 2008
5 Politeknik Pratama Mulia Surakarta Dosen Tidak Tetap 2007 -2009
6 Dosen Tidak Tetap Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta Dosen Tidak Tetap 2008 - 2010
7 STMIK Himsya Semarang Dosen Tidak Tetap 2010 – 2012
8 Akuntansi Politeknik Unggulan Sragen Ketua LPPM 2008 – 2014
9 Universitas Terbuka UPBJJ Surakarta Dosen Tidak Tetap 2008 – Sekarang
10 Program Studi Magister Manajemen UMY Dosen Tetap 2015 – Sekarang
11 Program Studi Magister Manajemen UMY Sekretaris 2017 - Sekarang