Dalam upaya membangun kualitas pembelajaran bertaraf internasional, MM UMY mencanangkan memiliki akreditasi internasional ABEST 21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow) di tahun  2021. Akreditasi internasional ini berperan alert system bagi penjaminan sekolah bisnis. Dengan demikian sekolah bisnis dapat melakukan pengembangan dan perbaikan kualitas secara berkelanjutan secara terukur, papar Prof. Heru Kurnianto Tjahjono dalam kunjungan penjajakan MM UMY untuk menjadi anggota ABEST 21. Direktur MM UMY juga menambahkan pentingnya lembaga akreditasi yang dapat membantu pengembangan kualitas pembelajaran dan kompetensi lulusan yang memiliki kearifan lokal.

Program ini merupakan upaya menindaklanjuti visi program MM UMY menjadi salah satu pusat pengembangan kajian bisnis dan manajemen yang berlandaskan nilai-nilai Islam di Asia tenggara pada tahun 2021. Program MM UMY menyiapkan secara khusus tim untuk mempersiapkan internasionalisasi di tingkat program studi.

Pertemuan Direktur MM UMY dengan Presiden ABEST 21, Prof Fumio Itoh dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2017 di kota Tokyo. Dalam pertemuan yang berlangsung selama 3 jam, Prof Fumio Itoh – presiden ABEST 21 menyambut baik pemaparan ke depan MM UMY untuk menjadi salah satu program MM UMY yang kompetitif di Asia tenggara pada tahun 2021. Prof Itoh menjelaskan  tahapan untuk terakreditasi di ABEST 21 dimulai dari tahapan untuk memiliki keanggotaan ABEST21 yang dilanjutkan dengan proses kaizen.