Sejarah menunjukkan bahwa Minangkabau telah melahirkan sejumlah tokoh-tokoh besar yang berkarakter dan berintegritas seperti Dr Mohammad Hatta, Dr. Mohammad Natsir, Rasuna Said, Buya Hamka, Buya Syafei Maarif dan lain-lain. Oleh karena itu tidak berlebihan apabila Minangkabau termasuk salah satu gudang kaum terpelajar berkarakter ungkap Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, direktur Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Padang (UMSB). Menurutnya sudah selayaknya Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menjadi perguruan tinggi yang dapat berkontribusi signifikan di tingkat nasional.


Dalam kuliah umum bertajuk ÔÇťOptimalisasi Kinerja SDM UMSB, Heru Kurnianto Tjahjono yang merupakan Professor Ilmu Manajemen SDM di UMY dan UII menjelaskan bahwa perubahan organisasional di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menjadi suatu keniscayaan mengingat lingkungan semakin menuntut kualitas yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Kinerja UMSB semakin meningkat saat segenap pelaku organisasi, dosen dan karyawan di lingkungan UMSB bersikap dan berkarakter aktor dalam perubahan kualitas yang berkelanjutan.

Melihat potensi yang ada saat ini UMSB memiliki sejumlah agenda besar mulai dari pengembangan kualitas akademik dosen dan karyawan, penguatan karakter rahmatan lil alamin dan juga kohesifitas di antara segenap sivitas akademika UMSB. Dalam upaya membangun kekuatan jangka panjang UMSB maka aspek SDM dan budaya organisasi seharusnya menjadi prioritas penting saat ini dan ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Heru menjelaskan bahwa program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta siap berkolaborasi dengan UMSB dalam pengembangan kualitas SDM dosen di lingkungan UMSB. Salah satu pembelajaran unik yang dikembangkan di MM UMY adalah mata kuliah kepemimpinan intrapersonal yang bertujuan membangun kekuatan pribadi manajer sebelum mereka memegang kepemimpinan bisnis dan publik.

Acara kuliah umum dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr Mirwan Pulungan. Acara diselenggarakan pada tanggal 6 Maret 2014 dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mulai dari rektorat, dekanat dan dosen-dosen di UMSB. Dr Mirwan mengungkapkan bahwa UMSB punya sejumlah harapan besar untuk menjadi perguruan tinggi yang dapat bersaing paling tidak di Sumatera Barat. Oleh karena itu komitmen pimpinan adalah melakukan perubahan dengan agenda yang jelas.