Dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian yang kuat, MM UMY menyelenggarakan workshop SEM dengan menggunakan software AMOS. SEM merupakan alat analisis yang semakin penting dalam penelitian, khususnya penelitian keperilakuan. Pada umumnya variabel-variabel dalam studi keperilakuan bersifat laten sehingga pendekatan SEM dinilai lebih tepat untuk dijadikan alternatif dalam melakukan analisis.


Ketua Program MM UMY, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono saat membuka acara workshop SEM memaparkan bahwa SEM dengan software AMOS sangat membantu peneliti baik dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitian bisnis khususnya keperilakuan. Di samping itu dinilainya program ini lebih user friendly, sehingga memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan analisis yang lebih kompleks.

Sebagai narasumber adalah Ibu Fauziyah, SE., M.Si salah satu dosen program MM UMY yang sangat ekspert dalam penggunaan aplikasi SEM dalam sejumlah penelitian. Acara workshop diselenggarakan pada tanggal 30 Juli 2013 bertempat di ruang kuliah Pascasarjana UMY dan dihadiri lebih dari 30 mahasiswa dan dosen di lingkungan program MM UMY.