Tantangan program program Magister Manajemen ke depan adalah mendorong hadirnya pemimpin-pemimpin bisnis yang cerdas dan mencerdaskan kehidupan bisnis papar Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, ketua APMMI (Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia) bidang Riset dan Publikasi dalam acara 1st National Conference On Applied Business (1st NCAB) yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 September 2017 di Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hal tersebut harus didukung kemampuan lulusan MM berpikir strategis sehingga dapat memberi jawaban pentingnya kehadiran program MM ungkap Dr. Zaenal Arifin, ketua Program Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia narasumber kedua.

Pada sesi yang sama Dr. Perminas Pangeran ketua Program MM Universitas Kristen Duta Wacana menjelaskan pentingnya MM mencetak pemimpin yang memiliki spesialisasi seperti manajemen resiko. Sementara itu Direktur Keuangan RNI BUMN sekaligus komisaris utama PT. Phapros, M. Yana Aditya menjelaskan bahwa kalangan professional sesungguhnya membutuhkan peran program MM yang menawarkan produk lulusan yang unik dalam menjawab tantangan dalam perkembangan bisnis global.

Sesi berikutnya adalah presentasi call for paper NCAB yang diikuti 28 presenter dari beberapa perguruan tinggi di antaranya UMY, UNS, UII, UPN, STIE IEU, UIN SUKA. UKDW, STPMD dll. Selanjutnya dipilih paper terbaik melalui blind review. The best paper terbaik 1 kategori Manajemen SDM & Organisasi diperoleh Majang Palupi dari Universitas Islam Indonesia dan best paper terbaik 2 diperoleh Annas Makruf Haifani dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan kategori Manajemen Strategi dan Bisnis untuk the best paper 1 diperoleh Elva Dian Pertiwi dari Universitas Islam Indonesia dan best paper 2 diperoleh M Yana Aditya dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pada acara penutupan Dr. Arni Surwanti, ketua Program MM UMY menyampaikan dukungan untuk keberlanjutan  The 1st NCAB yang diinisiasi MM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, MM Universitas Islam Indonesia dan MM Universitas Kristen Duta Wacana dalam wadah APMMI. Acara ini telah menghadirkan lebih dari 10 perguruan tinggi di Jawa dan luar Jawa. Hal ini sekaligus mendorong suasana akademik dan sinergi antar program MM di Indonesia pungkasnya.