Yogyakarta, Pada hari Selasa, 09 Oktober 2018, Magister Manajemen UMY mengadakan Kuliah Umum bersama Ferizal Ramli selaku SAP Manging Consultant and Senior Project Marketing, Hemburg Germany dan Special Envoy Universitas Gadjah Mada for Europe dengan tema “Sinergy and Collaboration Between Big Data, Digitalization, Artificial Intelegent and Human Capital”. Acara bertempat di Ruang Sidang Direktur Program Pascasarjana, gedung Pascasarjana UMY.

Dalam pemaparannya Ferizal Ramli menyatakan bahwa Revolusi Industri 4.0 dicirikan dengan robotic automation, 3D Printer, Internet of Think, dan data of think. Dalam kesempatan yang sama juga dijelaskan bahwa Revolusi industri bermula dari revolusi industry 1.0 yang dimulai pada abad 18 pada penemuan mesin-mesin untuk produksi. Berkembang pada abad ke 19 dengan dicirkan pada perkembangan industri yang telah mengalami kemajuan dengan pesat. Proses industri pada era tersebut dilakukan secara massal dan menggunakan peralatan listrik sebagai sumber energy dalam kegiatan tersebut. Kemudian berkembang pada abad 20. Proses revolusi pada abad 20an dikenal dengan industri yang mengunakan produksi secaran otomatis dengan menggunakan elektronik dan IT. Akhirnya pada abad ke 21 ini, perkembangan industri telah mengalami perkembangan yang sangat cepat yang berefek bagi kehidupan mendatang.

Pada kegiatan kuliah umum tersebut hadir juga Dr. Nuryakin. MM selaku sekretaris program studi magister manajemen dan juga selaku moderator. Dalam diskusi tersebut Dr. Nuryakin. MM menyampaikan bahwa kehadiran Bapak Ferizal Ramli selaku SAP Manging Consultant and Senior Project Marketing, Hemburg Germany ini sangat tepat dalam menyampaikan materi sesuai dengan zaman now. Kehadiran era revolusi industri 4.0 ternyata juga berdampak pada sektor pendidikan terutama juga perkuliahan mahasiswa salah satunya adalah pertemuan tatap muka mahasiswa yang sekarang juga dilakukan secara online.